PPKO BEM FEMA 2024 Jalin Silaturahmi dengan Kader Keluarga Bahagia Ranger Moms: Langkah Awal Menuju Desa Sukawening Berdaya

  • Admin Sukawening-Dramaga
  • Aug 27, 2024

Bogor, 25 Juni 2024 – Tim pelaksana PPK Ormawa BEM FEMA 2024 yang terdiri dari Pradani Salsabilla, Siti Sofiah N., M. Ilham Rizky M., Rifa Mahira D., Azaria Zulmah Diyyah S., Fauzan Maulana, Amalia Ahsani, dan Jericho Immanuel Pasaribu, telah sukses melaksanakan acara silaturahmi dengan Kader Keluarga Bahagia Ranger Moms. Acara ini dilaksanakan di Madrasah Al-Ikhlas, Desa Sukawening, Dramaga, Kabupaten Bogor, dari pukul 10:00 hingga 12:00 WIB.

Selain bersilaturahmi, tim pelaksana PPK Ormawa BEM FEMA 2024 juga memberikan sosialisasi mengenai PPK Ormawa BEM FEMA yaitu “SEMBADA: Sahabat Edukasi Sukawening Berdaya Berbasis Pendidikan Nilai-nilai Karakter Dalam Mewujudkan Desa cerdas Berkualitas” kepada kepada Kader Keluarga Bahagia Ranger Moms, yang merupakan peserta program tahun 2023, antusias dalam mengikuti sosialisasi ini.

Dalam kesempatan tersebut, tim pelaksana mengadakan diskusi aktif dengan anggota Kader Keluarga Bahagia Ranger Moms mengenai pelaksanaan kegiatan sekaligus mengajak Kader Keluarga Bahagia untuk terlibat aktif melalui kolaborasi sebagai stakeholder selama pelaksanaan program.

 

 Kader Keluarga Bahagia Ranger Moms menjadi mitra dalam pelaksanaan program PPK Ormawa BEM FEMA 2024  untuk keberlanjutan program pada tahun 2023. Kerjasama yang terjalin saat ini merupakan bentuk pengembangan dan perbaikan dari program tahun lalu serta untuk mengatasi berbagai permasalahan yang masih belum teratasi seperti tingginya tingkat putus sekolah dan rendahnya sanitasi lingkungan dengan solusi yang tepat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Acara ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari pihak Kader Keluarga Bahagia. Para anggota yang hadir berperan aktif dalam diskusi dan memberikan banyak masukan berharga untuk pengembangan program selanjutnya. Dari acara ini, tim pelaksana juga berkesempatan untuk diskusi singkat dengan salah satu kader yang pernah menjabat sebagai ketua RT setempat. Kader tersebut menyoroti program di RW02 Desa Sukawening yang selaras dengan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Tim PPK Ormawa BEM FEMA yaitu pengolahan sampah.

“Bank sampah di RW02 udah ada, di RT03 yang deket masjid, itu dibikin dari gotong royong. Alhamdulillah jalan sampai sekarang. Jadi botol-botol plastik aja, nanti ditimbang dan dijual, hasilnya untuk kegiatan kayak posyandu,” tuturnya.

Diskusi singkat tersebut membuka kesempatan tim pelaksana untuk mempelajari sistem dari program setempat yang sudah berjalan, sehingga dapat dikembangkan sesuai dengan program Tim PPK Ormawa BEM FEMA 2024. Dengan kerjasama yang erat ini, diharapkan Desa Sukawening dapat mencapai tujuan-tujuan program SEMBADA, yaitu menciptakan masyarakat yang cerdas, mandiri, dan berkarakter.

Tentang PPK Ormawa BEM FEMA:
PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswa) adalah salah satu program yang diinisiasi oleh BEM FEMA (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang edukatif dan inovatif yang sekaligus juga untuk meningkatkan kompetensi Organisasi Kemahasiswaan.

Tentang Kader Keluarga Bahagia Ranger Moms:
Kader Keluarga Bahagia Ranger Moms adalah lembaga perempuan yang terbentuk dari alumni Sekolah Perempuan yaitu program PPK Ormawa BEM FEMA 2023 yang berfokus pada pemberdayaan perempuan melalui penerapan delapan fungsi keluarga untuk mencapai resiliensi keluarga.