Membangun Kepercayaan Diri Siswa Madrasah Al-Fitri dalam Berbahasa Inggris melalui English Day Bersama TIM PPK Ormawa BEM FEMA IPB

  • Admin Sukawening-Dramaga
  • Aug 27, 2024

Pada Minggu, 4 Agustus 2024, tim PPK Ormawa BEM FEMA IPB mengadakan kegiatan English Day di Madrasah Al-Fitri, Desa Sukawening, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini, yang merupakan salah satu sub tema belajar Pojok Minat Bakat, bagian dari pojok literasi dalam program SEMBADA “Sahabat Edukasi Sukawening Berdaya Berbasis Pendidikan Nilai-Nilai Karakter Untuk Mewujudkan Desa Cerdas Berkualitas,” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris peserta. Dalam kegiatan ini, peserta yang ditargetkan yaitu berumur 7-12 tahun, mereka diajarkan percakapan sehari-hari yang kemudian mereka praktekkan melalui dialog dengan teman-teman mereka. Topik percakapan yang diberikan meliputi hobi, cita-cita, umur, dan lain-lain. Program ini dirancang untuk memperkuat kemampuan komunikasi peserta dalam bahasa Inggris serta meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Sub tema English Day mendapatkan respon positif dari para peserta terkait pelaksanaannya. Para peserta mengikuti pembelajaran dengan antusias untuk mempelajari Bahasa Inggris melalui pengenalan diri, cita-cita, hobi, dan lain-lain. Bahkan setiap peserta mulai berlatih secara mandiri saat pembelajaran berlangsung. Mereka mengaplikasikan kemampuan berbahasa inggris melalui dialog dengan temannya. Beberapa dari mereka sudah percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Ketika ditanya oleh tim pelaksana untuk mengetes salah satu peserta, peserta dengan lantang menjawab, “Aku bisa kak bicara pakai bahasa inggris,” dengan senyuman bahagianya. 

Kemampuan bahasa inggris peserta kemudian dilihat dari pre-test dan post test, sesi ini dilakukan agar tim pelaksana dapat mengukur tingkatan pengetahuan peserta terhadap materi yang diajari. Pertanyaan terdiri dari 3 soal, pada saat pre-test hanya beberapa dari peserta yang dapat menjawab, saat post test berlangsung setelah materi dilakukan, 98% pengetahuan peserta meningkat.

Dengan adanya pelaksanaan kegiatan belajar bahasa inggris ini diharapkan anak-anak Desa Sukawening mampu meningkatkan kemampuan linguistiknya. Proses pembelajaran yang dikemas dengan metode fun learning ini juga untuk menerapkan 9 Pilar Karakter dan K4 dari Indonesian Heritage Foundation (IHF), terutama pada pilar 1 (Cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya), 4 (Hormat, santun, dan pendengar yang baik), 8 (Baik dan rendah hati). 

Tentang PPK Ormawa BEM FEMA:PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswa) adalah salah satu program yang diinisiasi oleh BEM FEMA (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang edukatif dan inovatif yang sekaligus juga untuk meningkatkan kompetensi Organisasi Kemahasiswaan.